Rabu, 15 Oktober 2014

Kesehatan Gigi Dan Mulut


Cara Merawat Gigi
Kesehatan mulut baik untuk diri sendiri atau untuk anak-anak anda. Sehingga saat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mulut yang terjaga dan bersih , maka kita wajibkan untuk bersiwak [menggosok gigi] saat mau melaksanakan shalat semua nya tubuh kita benar-benar harus bersih. Bahkan di saat masuk kedalam rumah ketika menemui istrinya selalu menggosok gigi terlebih dahulu, agar istrinya tidak mencium bau dari mulut anda yang tidak sedap, yang lebih baik anda menunjukkan kebersihan dan kesegaran bau dari mulut, kita sebagai ummat NABI MUHAMMAD juga meneladani Sunnah dalam memelihara dan menjaga kebersihan serta kesehatan mulut kita.
Perawatan dan kesehatan mulut, gigi, dan gusi, mulut selalu di jaga dengan baik dan kebersihan, kenyamanan bila terus merawatan mulut dan gigi tujuan nya mencegah mulut dari penyakit dan kerontokan pada gigi, kebersihan mulut dan gigi sangat baik untuk kesehatan kita, mulut dan gigi juga dapat memberikan gambaran kesehatan secara keseluruhan. Sebagai contoh, hubungan  gigi dan mulut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti kalsium, dan vitamin D. Dengan memiliki mulut yang bersih dan sehat meningkatkan penampilan diri kita, peningkatan interaksi sosial serta manfaat lainnya  pada awal proses pencernaan dari makanan dan ke enakan menyantap makanan akan meningkatkan saat mulut atau gigi dalam keadaan yang baik, yang sering terjadi dari perawatan mulut yang tidak baik antara lain bengkak nya gusi, kemudian bau mulut atau nafas yang tidak enak datang nya penyakit, sariawan, peradangan di gusi bahkan bisa menyebabkan keluarnya nanah dari gusi yang bau nya sangat amis. Pada kesempatan ini kita akan membahas ada beberapa masalah yang bersangkutan dengan perawatan mulut dan gigi, supaya di bulan suci ramadhan nanti lebih baik dari pada sebelumnya dengan mempelajari cara menyikat gigi yang benar atau pasta gigi, jangan sekali-kali menggunakan lidi sebagai alat untuk membersihkan celah-celah gigi sebab akan terjadi nya infeksi pada gusi gigi kita,maka yang lebih baik anda bersihkan saja dengan pasta gigi agar tidak mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

Cara merawatan gigi dan mulut yang baik terutama sekali menggosok gigi, menggosok gigi paling penting untuk kita semua Karena banyak nya kuman yang hidup pada gigi kita, gusi, kemudian sisa makanan dalam mulut kita biasa membuat gigi nya jadi rusak, maka dengan cara yang tepat dan benar kita harus membersihkan sisa-sisa makanan dari celah-celah gigi supaya mencegah timbulnya infeksi pada gigi. Sebaiknya jangan lupa menggosok gigi setiap hari dengan menggunakan pasta gigi yang bermutu baik, ini merupakan  untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dari mulut kita juga dari celah-celah gigi. Kegunaan kandungan flouride yang terdapat pada pasta gigi juga berpungsi langsung dengan permukaan gigi yang sudah kita dibersihkan. Menggosok gigi paling minimal 2 kali dalam sehari, pagi dan malam atau sesudah makan sesuatu, jangan menggosok gigi terlalu keras bisa membahayakan gusi dan gigi, gosoklah gigi dengan cara yang lembut dan searah dengan gigi. Jangan lupa menggosok gigi juga bagian belakang yang terdapat banyak bakteri [kuman]. 
Pada anak-anak menggosok gigi menganggap tidak penting, walaupun orang tua nya sudah mengajari untuk menyikat gigi pada anaknya, dari semenjak giginya tumbuh sampai di usia 18 bulan atau anak sudah mampu untuk meludah, maka menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan usia anak, tetapi anak baru dapat diajari cara menyikat gigi yang betul di kala usia sudah beranjak 6 tahun.
Kemudian cara menggunakan mouthwash penyegar mulut, dengan cara nya berkumur-kumur dan harus hati-hati menggunakan bagi orang yang mengalami membran mukosa kering sangat cepat mengalami iritasi, sebab mengandung alkohol obat penyegar mulut bisa menyebabkan membran mukosa menjadi sangat kering sehingga membahayakan kondisi kita, bila menggunakan penyegar mulut kita harus hati-hati memilih yang tidak mengandung alkohol. Kemudian jika anda ragu-ragu konsultasilah ke dokter specialis gigi, bila gigi bayi mulai tumbuh sudah di usia mencapai 12 bulan sebaiknya kita segera periksa ke dokter specialis gigi, agar mendapatkan dideteksi bila terjadi nya masalah yang mengganggu kesehatan gigi dan gusi anak kita. Kemudian orang tua pun harus sering mengontrol gigi anaknya setiap 3 bulan sekali sesuai peraturan dari dokter gigi, peraturan ini berlaku juga untuk orang dewasa yang sudah di anjurkan oleh dokter gigi. Secara pasti mulut harus rutin setiap hari menggosok nya agar gigi tidak mudah rontok dan rapuh. 

0 komentar:

Posting Komentar